Tahu tidak Sobat AgriVisi, berbagai macam cara dilakukan Perum BULOG untuk dapat menyalurkan pangan. Salah satunya, dengan membuat Program Rumah Pangan Kita (RPK).
RPK merupakan toko atau usaha yang menjual produk BULOG. RPK menjadi outlet penjualan pangan pokok milik masyarakat yang dibina oleh BULOG. Usaha kecil-kecilan ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.
RPK juga merupakan jaringan distribusi pangan BULOG bagian dari kegiatan stabilisasi harga dan pelayanan program-program pemerintah. RPK menyediakan produk murah dan sehat untuk mewujudkan akses pangan pokok kepada masyarakat.
Saat ini RPK telah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.
Untuk memperluas jaringan RPK, BULOG menjalin kerja sama dengan PT Pos Indonesia. Yakni, melalui sinergi bisnis RPK dengan Agen Pos dalam kegiatan pemasaran produk pada masyarakat.
Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU oleh Direktur Utama PT Pos Indonesia dan Direktur Bisnis Perum BULOG di Kantor Pusat PT Pos Indonesia di Bandung, Jawa Barat.
Direktur Utama PT Pos Indonesia, Faizal R. Djoemadi mengatakan, kerja sama antara dua pihak dapat mendorong sinergi dalam penyelenggaraan usaha di bidang logistik serta usaha lainnya dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.
“Adanya kerja sama antara PT Pos Indonesia dengan Perum BULOG dalam pertukaran data antara RPK dengan Agen Pos. Kerja sama ini tentu sangat strategis dalam menunjang program pemerintah, khususnya di bidang pelayanan jasa pos bagi masyarakat. Ditambah lagi, Pos Indonesia saat ini telah memiliki 4.594 kantor cabang, 151 warehouse (gudang), 8.817 o-ranger, dan sebanyak 49.687 Agen Pos,” ujarnya, Rabu (27/12).
Sementara itu, Direktur Bisnis Perum BULOG, Febby Novita mengatakan, Perum BULOG berupaya untuk turut hadir dalam mendukung gerakan ekonomi, khususnya UMKM. Salah satunya yaitu melalui Program Jaringan Rumah Pangan Kita (RPK).
Sehingga, sinergi antara sahabat RPK BULOG dengan Agen Pos ini diyakini akan membawa manfaat besar bagi seluruh masyarakat di Indonesia. Utamanya, dalam hal penyediaan komoditas pangan berkualitas dengan harga terjangkau.
“Sebagai komitmen BULOG untuk memastikan ketahanan pangan, BULOG bangga dapat bermitra dengan Agen Pos untuk membantu mendistribusikan pangan kepada masyarakat. Dengan jumlah sebanyak 62.500 sahabat RPK, BULOG telah menjadi bagian dari kekuatan nasional untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional dalam hal ketersediaan, keterjangkauan dan stabilisasi harga,” katanya.

Sobat AgriVisi, ruang lingkup nota kesepahaman ini antara lain para pihak dapat melakukan sinergi keagenan antara Sahabat RPK dengan Agen Pos untuk memasarkan produk masing-masing. Kemudian, saling melakukan pertukaran data atau informasi masing-masing agen dalam melakukan sinergi.
Kedua pihak juga dapat merekrut keagenan baru untuk menjadi Sahabat RPK atau Agen Pos untuk memperluas jaringan distribusi serta rencana kerja sama lain yang disepakati.
Selanjutnya dalam kesempatan tersebut sekaligus dilakukan penandatanganan kerahasiaan (nondisclosure agreement) pertukaran data Rumah Pangan Kita (RPK) antara PT Pos Indonesia (Persero) dengan Perum BULOG.
Perjanjian kerahasiaan ini ditandatangani oleh Direktur Bisnis PT Pos Indonesia (Persero), Siti Choiriana dan Direktur Bisnis Perum BULOG, Febby Novita.